Thursday, February 26, 2015

Download Gratis Majalah Fotografi

Fotografi dapat dipelajari dari berbagai sumber, terutama internet. Namun dengan begitu luasnya informasi yang disajikan internet data yang butuhkan menjadi tidak mudah didapatkan, dan majalah hadir menjawab masalah tersebut. Majalah fotografi merangkum informasi terpilih dan disajikan dalam satu wadah, sehingga tidak perlu lagi mengumpulkan informasi yang tersebar. Kedua, khususnya untuk format majalah digital yang dapat didownload, kita punya keleluasaan akses didalam genggaman kita, tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Berikut ini Ranasutra pilihkan beberapa majalah fotografi gratis (iya, gratis)  dari dalam dan luar negeri.  Daftar yang berhasil Ranasutra kumpulkan terbagi dalam dua kategori bahasa, Indonesia dan Inggris.

 

Majalah fotografi bahasa Indonesia

Exposure Magazine
Exposure Magazine mulai terbit tahun 2008 dalam format PDF. Isinya berasal dari kumpulan pengetahuan para anggota komunitas fotografi di Asia Tenggara yang ditularkan kepada para pelaku fotografi. Awalnya, Eposure magazine disajikan dwi-bahasa, Indonesia dan Inggris namun semakin hari makin didominasi bahasa Inggris. Disamping majalah, websitenya pun menyajikan update berita-berita fotografi. 
Merupakan majalah gratis format PDF dari komunitas lensa manual Indonesia, berawal dari obrolan di forum lensamanual[dot]net. Sepanjang penelusuran Ranasutra, sayangnya LM-Focus cuma sempat terbit dua kali. Edisi pertama berjudul Love to Focus Manually dan edisi kedua Get Max With Your Gears.
*koreksi pembaca sangat diharapkan  
Majalah Ruang Gelap
Majalah Ruang Gelap juga merupakan produk komunitas, yaitu Komunitas Kamera Analog Jogjakarta. Tersedia dalam bentuk PDF yang tiap edisinya terdapat dua versi ukuran file besar dan kecil, mungkin untuk mengakomodasi koneksi internet Indonesia. Majalah ini konsisten terbit sampai edisi ke 19. Topik bahasannya terutama (namun tidak terbatas pada) ruang lingkup fotografi analog.
Sangat disayangkan majalah yang pertama kali terbit 1 maret 2007 ini sudah tidak terbit lagi, padahal peminatnya cukup banyak. Menurut fanpage Facebook-nya, The Light Magz terakhir menerbitkan edisi 37, namun penelusuran Ranasutra terhadap arsip majalah ini cuma ketemu sampai edisi 23 disini. Tiap edisi The Light Magz menampilkan setidaknya lima genre fotografi sebagai sajian utama, belum lagi tips dan trik fotografi dan olah digital.
*Bagi yang punya arsip edisi lainnya bisa dibagikan disini.

 

Majalah fotografi bahasa Inggris

Olympus Magazine
Dari namanya majalah ini adalah majalahnya pengguna kamera Olympus yang diterbitkan oleh Olympus Inggris. Edisi pertama terbit pada September 2012, dan hingga saat ini terhitung ada 30 edisi. Olympus Magazine bisa diakses via web maupun via gadget Android dan Apple. Selain berita, galleri, ide proyek, dan wawancara fotografer Olympus, majalah plat merah ini tak jarang membagi-bagikan hadiah.
Fujifilm X Magazine South East Asia
Mengikuti jejak Olympus, Fujifilm Eropa mengeluarkan Fujifilm X Magazine pada November 2013 dan kini sudah sampai terbitan ke-8. Ekslusif untuk pengguna Fuji X-series, majalah ini berisi galeri, berita, uji produk, kompetisi fotografi, wawancara, juga beberapa inspirasi. Selain versi web, juga tersedia untuk Android dan Apple.

Fujifilm Asia lalu mengikuti langkah kerabatnya di Eropa dengan meluncurkan majalah yang sama untuk kawasan Asia Tenggara pada Agustus 2014. Sayangnya, sejak saat itu tidak ada lagi kelanjutannya sehingga edisi pertama menjadi edisi satu-satunya Fujifilm X Magazine South East Asia.
Rangfinder magazine adalah majalah bulanan khusus untuk fotografer wedding dan portraut. Selain sebagai majalah, Rangfinder magazine jga merupakan media publikasi resmi Wedding and Portrait Photographers International (WPPI). Topiknya meliputi karya-karya terbaik dari dua genre tadi, tren yang sedang populer, dan tentu saja review peralatan. Akses ke Rangfinder magazine bisa via web, bisa didownload dalam format PDF (dengan menekan tombol print di kiri atas menu), juga terdapat versi cetak. Bahkan untuk versi cetak sirkulasi Rangfinder magazine sudah mencapai 58,000.
Download Rangfinder Magazine
Majalah Aftercapture bisa dibilang sebagai adiknya Rangefinder magazine, yang fokus pada teknik olah digital.
 f11 adalah majalah elektronik gratis yang sudah dibaca puluhan ribu kali diseluruh dunia. Majalah f11 mencakup pangsa pembaca yang luas, mulai fotografer, desainer, pekerja visual, hingga kolektor. Majalah yang terbit 11 kali dalam setahun ini sudah memiliki 40 edisi yang siap dinikmati via web ataupun diunduh dalam bentuk PDF.
Behind the Shutter lahir tahun 2011 sebagai sarana belajar fotografi, dan kini pelanggan online aktif-nya sudah mencapai 87,000. Kontributornya merupakan praktisi industri fotografi menjadikan isi majalah lugas namun padat. Keanggotaan menjadi syarat mendapatkan majalah ini dimana terdapat tiga level keanggotaan. Untuk versi digitalnya cukup dengan mendaftar free membership.
- Majalah PBASE download DISINI - Majalah EXPOSURE download DISINI - Majalah The LIGHT download DISINI

Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Life Force magazine adalah majalah esei foto yang berusaha memahami kondisi dunia dan manusianya melalui narasi gambar. Mulai terbit Januari 2011, kini Life Force Magazine sudah punya 50 koleksi.