Friday, February 20, 2015

Paten kamera IPhone dengan optical zoom

Kamera IPhone
Apple mematenkan inovasi terbarunya berupa lensa zoom untuk IPhone. Dalam paten tersebut, dijelaskan bahwa konstruksi lensa zoom ini dirancang sedemikian rupa sehingga akan dapat ditanamkan (built-in) pada body IPhone. Definisi built-in disini berarti lensa zoom ini berada dalam body, tidak akan melotot keluar sebagaimana lazimnya kamera zoom. Berikut ini konstruksi lensa dalam paten tersebut:
Paten diagram lensa IPhone dengan optical zoom Apple
Konstruksi lensa ini tersusun dari beberapa alat optik, ada cermin, elemen zoom, dan prisma. Cara kerja lensa ini mirip periskop, cahaya masuk secara horisontal dibelokkan ke bawah oleh cermin. Mulai dari sinilah mekanisme zooming lensa bekerja, sebelum memapar sensor yang terletak di dasar konstruksi kamera. Mekanisme Image Stabilization diletakkan pada bagian cermin, bekerja dengan melakukan penyesuaian kemiringan pada mirror secara berlawanan arah untuk mengimbangi gerakan body IPhone.

Menilik semakin banyaknya komponen bergerak dalam konstruksi ini, juga terhadap kenyataan bahwa lensa zoom pasti kalah tajam dengan lensa fix, tentu banyak sekali PR yang harus dikerjakan Apple sebelum konsep ini mewujud nyata kedalam sebuah produk untuk konsumen. Namun jika berhasil, maka sekali lagi Apple-lah yang membawa fotografi mobile selangkah lebih maju. Bukan Samsung, bukan Google, dan bukan Sony. And d*mn I want an IPhone. Now and then...!!!